jaganews.com|kumpulan informasi kegiatan, gaya hidup, hobi dan profil dari praktisi hukum di Indonesia |

KOMNAS PA Sayangkan Putusan PN Lubukpakam Bebaskan Terdakwa Kasus Seksual Terhadap Anak

  • 67 views
  • 0 comments
Berita KOMNAS PA Sayangkan Putusan PN Lubukpakam Bebaskan Terdakwa Kasus Seksual Terhadap Anak di jaganews.com

 jaganews.com Komisi Nasional Perlindungan anak (KOMNAS PA) sangat menyayangkan Keputusan Pengadilan Negeri (PN) Lubukpakam membebaskan Abdi Duranta Ginting (25), terdakwa kasus kekerasan seksual terhadap anak FG (14) keduanya warga Desa Bekukul, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deliserdang, KOMNAS PA berpendapat putusan tersebut mencederai hukum dan merendahkan harkat dan martabat kemanusiaan khusus martabat anak di Indonesia.

Menurut KOMNAS PA Kasus kejahatan seksual ini tergolong sadis dan diluar akal sehat kemanusiaan yang menimpa FG, KOMNAS PA juga mendapatkan Informasi bahwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) sudah yakin melalui bukti-bukti hukum yang disampai penyidik Polri dan melalui fakta-fakta hukum selama persidangan, menuntut terdakwa Abdi Suranta Ginting dengan ancaman hukuman 13 tahun.

Disampaikan lewat keternagan pers KOMNAS PA, Menurut JPU Rahmaniar Tarigan, diyakini bahwa saat terdakwa melakukan perbuatan bejatnya dengan cara memaksa korban dengan ancaman kekerasan dan intimidasi untuk melakukan hubungan seksual terhadap anak sehingga membuat korban menanggung rasa malu akibatnya korban mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri dengan cara minum racun rumput dirumahnya sebelum korban mendengar putusan hakim yang dibacakan Majelis hakim Rabu (23/08/2017).

Arist Merdeka Sirait dan jaganews.com

Oleh karena fakta hukum itulah JPU berkeyakinan menuntut terdakwa dengan pasal 81 junto pasal 76D UU RI No. 35 Tahun 2014 tentang perubahan dari UU RI No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan anak dengan ancaman hukuman 15 tahun pidana penjara, namun majelis hakim justru mengabaikan fakta-fakta hukum yang sudah diyakini JPU sebagai bukti-bukti hukum yang lengkap.

Untuk menegakkan hukum dan demi kepentingan terbaik anak serta untuk memutus mata rantai kejahatan seksual terhadap anak, KOMNAS PA sebagai lembaga pelaksana tugas dan fungsi keorganisasian dari Perkumpulan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Pusat yang memberikan pembelaan dan perlindungan anak di Indonesia mendesak dan mendukung Kejaksaan Negeri Lubukpakam untuk segera melakukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) untuk membuktikan bahwa terdakwa Abdi Suranta Ginting adalah sungguh-sungguh pelakunya dan menguji pertimbangan hakim yang mendasari putusannya adalah keliru dan mencerai hukum dengan memperkuat fakta-fakta yuridis guna meyakinkan hakim agung.

“Dorongan Kasasi ini juga salah satu bentuk untuk menegakkan dan menegaskan hukum yang berkeadilan bagi korban dan tidak ada kata kompromisi bagi prefator dan moster kejahatan seksual terhadap anak di Indonesia,” terang Arist Merdeka Sirait Ketua Umum KOMNAS PA kepada awak media melalui keterangan pers, Jumat, (25/08/2017) di Jakarta. (Agus)

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Jaganews, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2017 Jaganews All right reserved