jaganews.com|kumpulan informasi kegiatan, gaya hidup, hobi dan profil dari praktisi hukum di Indonesia |

Pemekaran Kecamatan Batu Ampar Sudah di gagas Pemkab Kubu Raya Sejak Tahun 2011

  • 204 views
  • 0 comments
jaganews.com_Kubu Raya - Wakil Bupati Kabupaten Kubu Raya Hermanus mengatakan, rencana pemekaran Kecamatan pada beberapa waktu yang lalu saat nota penyampaian APBD sekaligus dengan penyampaian terkait dengan rencana Pembentukan Peraturan Daerah tahun 2018. Dari sekian banyak rancangan peraturan daerah hal - hal yang terkait ada Perda tentang pembentukan beberapa Kecamatan atau pemekaran Kecamatan antara lain gerak Perda tentang pembentukan kecamatan.
 
“Seperti Kecamatan Kerta Mulya yang merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Kubu dan Teluk Pekedai kemudian juga ada rancangan peraturan daerah tentang pembentukan Kecamatan Kumpai Raya itu pemekaran dari Kecamatan Sungai Raya," ujar hermanus saat diwawancarai pada (06/11).
 
Dirinya menerangkan, sejak awal pihaknya memang ingin membentuk wilayah Kabupaten Kubu Raya menjadi tiga wilayah Kecamatan.
 
"Pemekaran Kecamatan Batu Ampar ini juga salah satu yang memang sudah kita gagas sejak tahu 2011 bahkan pada saat itu kita juga sudah mempersiapkan segala sesuai dengan ketentuan yang ada diantara lain persyaratan imistratif seperti persetujuan Kepala Desa dan Ketua BPD untuk persyaratan imistratif juga sudah kita penuhi kemudian persyaratan teknis kajian terkait layak atau tidaknya,” terang dia.
 
Dan pada saat itu pihaknya juga bekerja sama dengan pihak Perguruan Tinggi (Untan) dan ternyata hasil kajian terbukti memenuhi syarat.
 
Kemudian persyaratan fisik kewilayahan ini yang memang  jika pihaknya melihat ketentuan secara umum, minimal 10 jumlah Desa yang harus masuk atau bergabung dalam wilayah Kecamatan yang baru, sementara di Kecamatan Batu Ampar sampai saat ini terdapat 15 jumlah Desa jika dibagi dua maka tidak sesuai dengan ketentuan yang ada.
 
“Sedangkan minimal harus ada 10 Desa yang masuk dalam cakupan wilayah Kecamatan yang baru jadi secara fisik kewilayahan ini belum terpenuhi, tapi harus di ingat dalam PP19 tentang pembentukan Kecamatan disitu memang berlaku persyaratan secara umum. Persyaratan Iistratif, persyaratan teknis, dan persyaratan fisik Kewilayahan, tiga persyaratan ini yang memang harus di penuhi agar dapat terbentuk Kecamatan baru atau melakukan pemekaran,” ungkap dia.
 
Dirinya menegaskan, pengecualian akan diberikan pada salah satu pasal disitu yang mengatakan bahwa untuk wilayah Kecamatan yang memiliki wilayah kepulauan ini dapat sikecualikan dari tiga persyaratan tersebut.
 
"Oleh karena itu pada saat itu kami memberanikan mencoba bagaimana cara untuk memekarkan Kecamatan Batu Ampar mengingat wilayah kecamatan Batu Ampar adalah Kecamatan yang terluas dan juga memiliki wilayah - wilayah kepulauan kurang lebih ada sekitar tujuh wilayah kepulauan, ada yang berpenghuni dan ada juga yang tidak berpenghuni,” ucap dia.
 
Jika sudah memenuhi ketentuan yang ada sebaiknya mempersiapkan dokumen - dokumen dan selanjutnya akan kita sampaikan kepada pemerintah provinsi agar mendapatkan rekomendasi untuk saat ini tiga persyaratan ini juga kita usulkan kita ajukan terlebih dahulu agar mendapat rekomendasi jika rekomendasi sudah kita dapat selanjutnya akan kita sampaikan rancangan peraturan daerah tentang pembentukan Kecamatan tersebut kepada pihak legislatif agar dapat persetujuan.
 
“Kurang lebih ada 19 rancangan peraturan daerah yang akan di bahas dan juga sudah di sepakati untuk tahun 2018 tapi masih ada kemungkinan - kemungkinan dalam arti jika memang ada beberapa peraturan daerah yang juga akan diusulkan itu tetap dimungkinkan dan tetap terbuka,” pungkasnya.
 
(Pauziah / Redaksi)
Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Jaganews, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
jasa pembuatan website murah
©2017 Jaganews All right reserved