jaganews.com|kumpulan informasi kegiatan, gaya hidup, hobi dan profil dari praktisi hukum di Indonesia |

MUSREMBANG DESA BOJONG,BERHASIL TUNTASKAN PEMBANGUNAN TA 2018

  • 28 views
  • 0 comments

 Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbang Desa dilaksanakan setiap bulan Januari dengan mengacu pada RPJM desa. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa. Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa.

 
Acara berlangsung di Aula Desa Bojong dan dihadiri Cepi perwakilan camat Tenjo,Satpol pp, Babinsa, BPD, LPM,Pendamping Desa,TPID,Puskesmas Pasar Rebo,Kepala Sekolah SD dan Paud, RT/RW serta tokoh ulama dan tokoh masyarakat.
 
Dalam sambutannya diacara itu, Kepala desa Bojong Iwan mengatakan, tujuan diadakannya musrembang ini adalah untuk menampung aspirasi, masyarakat yang belum terserap.
 
Mari kita bersama-sama ajukan aspirasi yang bila mana yang selama ini belum dibangun, suapaya desa Bojong tahun 2019 menuju desa sejahtera “,ucap Iwan kepala desa Bojong.
 
Sambutan dilanjutkan oleh Argo sslaku TPID Kecamatan Tenjo yang membahas permasalahan Stunting. Sedangkan pada program Stunting seperti yang telah tercanangkan meliputi; Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pada ibu hamil, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) gizi, penyuluhan stunting dan pelatihan Guru Paud.
 
Dikatakan dirinya tidak setuju bila pencegahan stunting atau kegagalan pertumbuhan pada anak yang dikenal dengan sebutan kekerdilan fisik ini, hanya mengandalkan program pemberian manfaat dari pemerintah.
 
Menurutnya, masyarakat juga perlu membangkitkan kesadaran pentingnya asupan gizi yang cukup kepada anak, sehingga terhindar dari masalah stunting.
 
Kalau menurut saya tidak bisa semua itu dibayarkan (diberikan) oleh pemerintah.
 
Harus ada kemandirian dari masyarakat dan perlu diketahui bahwa kesehatan itu merupakan kekayaan tak ternilai," katanya.
 
Oleh karena itu Argo menyarakan, agar semua warga Desa Bojong turut berperan aktif dalam menjaga kesehatan untuk terhindar dari stunting.
 
"Kita wajib menjaga dan bisa menjadi dokter bagi diri sendiri, mulai dari menjaga kebiasaan hidup bersih dan sehat serta pola menu makanan empat sehat lima sempurna harus digalakkan lagi," imbaunya.
 
Lebih lanjut ia mengutarakan, saat ini program pemerintah bisa memberikan edukasi terkait program yang dinilai bisa menyadarkan para orang tua akan pentingnya asupan gizi yang baik kepada anak, sehingga terhindar dari stunting.
 
"Makanan tidak harus mewah dan mahal, akan tetapi makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung nilai gizi yang tinggi, dan saya rasa untuk masyarakat Desa Bojong tidak akan kesulitan karena di setiap pekarangan rumah mereka banyak sekali sayur-sayuran," sarannya
 
Dibidang peetanian,Pandu selaku PPL mengutarakan bahwa pemerintah daerah sudah merencanakan untuk penanaman palawija dan padi sehat.ditahun 2020 akan ada program KWT (Kelompok Wanita Tani) di Kampung Janglapa serta penanaman padi Hibrida di Kampung Karoya.
 
Pemdes Bojong telah tuntaskan seluruh item kegiatan pembangunan di desanya yang bersumber dari dana DD/ADD TA 2018.Bahkan selueuh bangunan khususnya fisik sudah bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat dan diminta agar masyarakat ikut menjaga dan memelihara hasil dari pembangunan tersebut" Pungkas Iwan Kades Bojong
 
(Mas Parto/Mila)
Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Jaganews, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
jasa pembuatan website murah
©2017 Jaganews All right reserved